PKKMB Fakultas: resume materi
Dengan masuk di dunia perkuliahan kita akan lebih besar kemungkinan untuk sukses.
Mahasiswa = siswa yang "besar"
- tanggung jawab
- tugas & kelompok
- keilmuan spesifik
- peran (agent of change)
Apa yang harus dilakukan mahasiswa?
- upgrade ilmu ( ikut serta pada kegiatan webinar, seminar dll )
- upgrade kemampuan ( softskill ) jangan merasa hebat karena di unusa, seperti katak dalam tempurung
- take every chance ( engga semua hal datang dua kali )
- positive mindset - life long learning ( jangan malas untuk belajar)
semua orang di dunia punya waktu yang sama, 24/7 lalu, kenapa produktivitas bisa berbeda tiap orang?
Untuk mengakomodir seluruh kegiatan tersebut manajemen waktu mutlak diperlukan.
Pentingnya kemampuan manajemen waktu
- produktivitas meningkat
- less drama & under pressure ( waktu lebih terorganisir sehingga lebih santai )
- tujuan tercapai
Cara manage waktu
- kenalu dirimu
- buat perencanaan ( memberikan deadline diri sendiri )
Langkah penentuan prioritas
- buat semua daftar kegiatan
- kategorikan jenis kegiatan atau tugas
- indentifikasi kepentingan tugas
- tentukan batas waktu penentuan deadline
Teknik pomodora (bekerja selama 25 menit, kemudian istirahat 5 menit, setelah 4 siklus, ambil waktu istirahat (15-20 menit ))
Tips manajemen waktu
- jangan menunda-nunda pekerjaan
- hindari gangguan dulu agar bisa fokus
- membuat agenda kegiatan atau pekerjaan tugas
- setelah mengerjakan bisa selfreward sebagai motivasi
- ketemu temen yang bisa saling mendukung
Membangun karakter dan integritas melalui keterlibatan organisasi
- membangun karakter ( meningkatkan kemampuan, pengetahuan, softskill, komunikasi, siap mengambil resiko dll)
- integritas (melakukan sesuatu yang benas atau sesuai aturan)
- hak dan kewajiban mahasiswa
- organisasi
- hasil akhir dari seorang mahasiswa
berani dulu untuk mendapatkan kebebasan berpendapat, jangan mensia-sia kan kesempatan yang ada.
Menjadi pemimpin masa depan dapat membekali diri dengan (kepemipinan, keilmuan) contohnya menepati janji yang dibuat. Jika masuk dalam organisasi juga dapat menumbuhkan sikap-sikap mengedali diri, kepemimpinan dll.
Pemateri kak resda
Dalam manajemen waktu kita harus memiliki prioritas atau tujuan disini
Tips manajemen waktu
- memiliki prioritas
- menjaga keseimbangan ( jika sudah jenuh mengerjakan satu tugas, bisa coba kerjakan tugas lain dulu baru kembali lagi mengerjakan tugas awal tadi )
yang didapatkannya kak resda saat berkuliah: meningkatkan skill berkomunikasi, kuat mental di dunia perkuliahan, tumbuh menjadi berani.
Cara keluar dari tantangan, menemukan jati diri itu susah, bisa dalam organisasi dan menyikapi dengan semaksimal mungkin.
Komentar
Posting Komentar